PRESS RELEASE PERTEMUAN DENGAN TOKOH PEMERHATI KASUS BUNUH DIRI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL SENIN, 8 OKTOBER 2018

Jumat, 12 Oktober 2018

admin

Berita

Dibaca: 137 kali

MENGAWALI  HARI-HARI MINGGU KEDUA DI BULAN OKTOBER DUARIBU DELAPAN BELAS, DINAS PERPUSTAKAAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL MENGADAKAN PETEMUAN DENGAN PARA TOKOH PEMERHATI KASUS BUNUH DIRI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL.

BERSAMA dr. IDA RAHMAWATI, SPKj. MSc SEORANG SPESIALIS AHLI JIWA, PRAKTISI KESEHATAN DAN PEMERHATI MASALAH-MASALAH SOSIAL, WAGE DHAKSINARGA SEORANG PENULIS BUKU TALI PATI KISAH-KISAH BUNUH DIRI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YANG JUGA AKTIFIS LSM IMAJI DENGAN KETUANYA JAKA YANUWIDIASTA. HADIR PADA KESEMPATAN TERSEBUT KEPALA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL, BAPAK Drs. ALI RIDHO, MM.

PERTEMUAN SIANG ITU DIDASARI OLEH RASA PRIHATIN DAN KEINGINAN UNTUK MELAKUKAN GERAKAN MAUPUN AKTIFITAS DALAM UPAYA PENCEGAHAN KASUS BUNUH DIRI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KEARSIPAN MEMPUNYAI BERBAGAI MACAM LAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT.  DALAM BAHASA “KINI” DISEBUT DENGAN PROGRAM LITERASI. DALAM DISKUSI SENIN SIANG TERSEBUT DIHARAPKAN DENGAN PROGRAM LITERASI DAPAT MENGATASI KASUS BUNUH DIRI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL.

KASUS BUNUH DIRI TIDAK BISA DISEPELEKKAN TIDAK BISA DIANGGAP PERISTIWA BIASA, KARENA BUNUH DIRI ADALAH RENTENTAN PERMASALAHAN SOSIAL, EKONOMI, BUDAYA, MEDIS DAN AGAMA YANG SALING BERKAITAN. PERISTIWA BUNUH DIRI SUDAH MEREGENERASI. INI DAPAT DILIHAT PADA DATA KASUS BUNUH DIRI BAHWA PELAKU BUNUH DIRI PADA RENTANG USIA DARI ANAK-ANAK, REMAJA SAMPAI LANSIA. SEHINGGA POTENSI PELAKU BUNUH DIRI BISA TERJADI DI KALANGAN SEGALA USIA DEMIKIAN PENJELASAN MAS WAGE DHAKSINARGA MENGAWALI DISKUSI SENIN SIANG ITU.

dr.IDA RAHMAWATI MENYAMPAIKAN TINJAUAN MEDIS DAN SOSIOLOGIS BAHWA PELAKU BUNUH DIRI DIAWALI DARI DEPRESI RINGAN, PERASAAN TIDAK BERHARGA, MENARIK DIRI DARI PERGAULAN DSB. DENGAN ADANYA BERBAGAI AKTIFITAS SHARING DAN DISKUSI DIHARAPKAN AUDIENS DAPAT MENJADI AGENT OF CHANGE, IKUT MEMBANTU DI MASYARAKAT AKTIF MENGAMATI LINGKUNGAN MASYARAKAT YDISEKITARNYA YANG TERPAPAR GEJALA GANGGUAN JIWA MAUPUN MENGALAMAI MASALAH SOSIAL LAINNYA. DAN YANG YANG LEBIH PENTING AUDIENS SETELAH PULANG DARI AKTIFITAS SHARING DAN DISKUSI BISA MENGAMBIL 3 (TIGA) PERAN YAITU LIAT, DENGAR DAN HUBUNGKAN...KARENA KITA SEMUA BISA MENJADI AGENT OF CHANGE. DEMIIKIAN dr.IDA  RAHMAWATI, SPKj. MSc MENUTUP DISKUSI SENIN SIANG ITU KARENA KEBURU DITUNGGU 4 (EMPAT) PASIEN DI RSUD WONOSARI BEGITU KATA BELIAU.

DISKUSI DAN PERTEMUAN SIANG ITU AKHIRNYA DITUTUP DENGAN DIALOG RINGAN ANTAR PESERTA PERTEMUAN DAN MERENCANAKAN KEGIATAN BEDAH BUKU DENGAN TEMA “DISKUSI FENOMENA BUNUH DIRI DAN ALTERNATIF PENCEGAHANNYA” YANG AKAN DILAKSANAKAN PADA PERTENGAHAN BULAN OKTOBER INI.

SINERGITAS ANTAR TOKOH MASYARAKAT, PEMERINTAH DAN SEMUA LAPISAN MASYARAKAT SANGAT DIBUTUHKAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KASUS BUNUH DIRI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Statistik

003256

Pengunjung Hari ini : 37
Total pengunjung : 3256
Hits hari ini : 330
Total Hits : 32737
Pengunjung Online : 2

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat