KONGRES XIV IKATAN PUSTAKAWAN INDONESIA (IPI) DAN SEMINAR ILMIAH INDONESIA TAHUN 2018

Senin, 15 Oktober 2018

admin

Berita

Dibaca: 173 kali

Kegiatan Kongres IPI adalah ajang pertemuan tertinggi para pustakawan seluruh Indonesia untuk menentukan kebijakan dan arah organisasi kedepan. Kongres ini telah menetapkan perubahan AD/ART dan Kode Etik, Program Kerja serta memilih ketua umum untuk periode 2018-2021. Kongres diikuti oleh Pengurus Pusat IPI, Pengurus Daerah Provinsi dan Pengurus Daerah kabupaten/Kota seluruh Indonesia pada tanggal 11 Oktober 2018. Adapun Ketua IPI terpilih adalah T. Syamsul Bahri, SH, M.Si. Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, kelahiran Aceh Timur, 10 Februari 1954.

Selain Kongres juga dilangsungkan kegiatan Seminar Ilmiah Indonesia dari tanggal 9 – 12 Okober yang bertempat di Hotel Bumi Surabaya. Pada hari pertama, Kegiatan diawali dengan pendaftaran ulang, seremonial, dan berbagai sambutan. Hari kedua, diadakan seminar ilmiah dengan menghadirkan narasumber internasional yaitu President - Elect 2017-2019 International Federation of Library Assosiation dan Institutions (IFLA), Christine MacKenzie yang menyampaikan “Transforming the Library, Transforming the Society”. Dilanjutkan para pembicara dari dalam negeri diantaranya dari Kementrian PPN/Bappenas RI dengan materi “Kebijakan Program Pembangunan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dalam Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs)”, Pemerintah Kota Surabaya yang menyampaikan Surabaya Smart Library, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI mengenai Open Journal System (OJS),  Pengembang Indonesia One Search, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI yang menyampaikan “Inpassing Jabatan Fungsional Pustakawan dan Formasi JFP”, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI dengan materi “Implementasi Pembangunan Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial”, presentasi e-reources dan seminar membaca: Terapi Kehidupan. Kegiatan ditutup dengan jamuan makan malam oleh Kepala Perpusnas RI.

Pada hari ketiga diisi dengan presentasi dari Pemenang pertama, kedua dan ketiga Pustakawan Berprestasi Nasional Tahun 2018 yang berasal dari Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah dilanjutkan presentasi tiga orang pustakawan yang makalahnya terpilih dalam call for papers. Acara dilanjutkan dengan Kongres dan ditutup dengan jamuan makan malam di Museum Kapal Selam Surabaya. Hari terakhir diadakan kunjungan kerja di berbagai tempat dan wisata di Kota Surabaya. 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Statistik

001953

Pengunjung Hari ini : 37
Total pengunjung : 1953
Hits hari ini : 230
Total Hits : 22475
Pengunjung Online : 2

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat