KUNJUNGAN SISWA TK ABA AL MUJAHIDIN WONOSARI

Kamis, 01 November 2018

admin

Berita

Dibaca: 46 kali

Di Penghujung Bulan Oktober 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul menerima kunjungan dari siswa TK ABA Al Mujahidin Wonosari sebanyak 35 anak beserta guru pendampingnya. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah TK ABA Al Mujahidin Wonosari, Fajariyah Nur Hasanah. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kunjungan ini dimaksudkan agar anak-anak bisa mengenal perpustakaan sejak dini. Kunjungan ini merupakan rangkaian pelajaran di kelas tentang tema perpustakaan. Kegiatan ini dijadwalkan selama 6 hari berturut-turut, dimulai pada hari Rabu, 31 Oktober 2018 sampai dengan 8 Nopember 2018, dengan agenda satu hari untuk siswa satu kelas.

Kunjungan kolektif ini diterima langsung oleh Didit Widiyatmoko, S.IP selaku Kepala Bidang Perpustakaan dan Chrisfanti Yuliana, S.Sos (Kepala Seksi Layanan dan Informasi Perpustakaan). Dalam sambutannya, Kepala Bidang Perpustakaan menyampaikan, bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul menyambut baik kegiatan ini. Dalam era kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, menumbuhkembangkan minat baca anak-anak sejak dini sangatlah penting untuk menangkal bahaya negatif dari kemajuan teknologi. Salah satunya adalah mengenalkan perpustakaan kepada anak-anak.

Mula-mula anak-anak diperkenalkan ruangan dan bagian yang ada di perpustakaan, seperti ruang layanan sirkulasi, ruang koleksi, ruang pengolahan, ruang internet, ruang bermain anak, dan sebagainya. Setelah mereka mengenal seluruh ruangan, baru diperkenalkan bagaimana cara menitipkan tas di loker, mengisi presensi melalui komputer, cara meminjam dan mengembalikan buku dan sebagainya. Anak-anak juga mendapatkan layanan khusus dari pustakawan, yaitu story telling atau dongeng yang diambil dari salah satu buku koleksi yang ada di Perpusda. Kunjungan ditutup dengan menonton film edukasi di aula lantai 2.

Seperti diketahui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2018 membuka layanan jemput pemustaka. Bagi bapak/ibu guru yang berkeinginan mengajak siswanya ke Perpusda, dapat mengirimkan permohonan untuk dijemput menggunakan bus keliling. Jika waktu kunjungan telah disepakati antara pihak DPK dan sekolah, maka petugas perpustakaan akan menjemput anak-anak dan mengantarkannya kembali ke sekolah.(Pur)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Statistik

001953

Pengunjung Hari ini : 37
Total pengunjung : 1953
Hits hari ini : 243
Total Hits : 22488
Pengunjung Online : 2

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat