FORUM KOMUNIKASI PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DI KAMPUNG FLORY, TLOGOADI, MLATI, SLEMAN

Senin, 19 November 2018

admin

Berita

Dibaca: 41 kali

Kamis, 15 Nopember 2018 telah dilaksanakan Forum Komunikasi dan Kearsipan DIY. Kali ini, BPAD DIY sebagai penyelenggaranya. Bertempat di Rumah Makan Bali nDeso, Kampung Flory, Desa Tlogoadi, Kecamatan Mlati, Sleman. Forkom ini diikuti oleh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional Umum dan Pejabat Fungsional Tertentu (Pustakawan dan Arsiparis) perwakilan dari 5 Kabupaten/Kota dan BPAD DIY. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tiga bulan sekali.

Pada Forkom kali ini, ada yang berbeda dengan yang lain. Kali ini ada materi motivasi kerja dan harapan penyelenggaraan Forkom di tahun 2019. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, Drs. Ali Ridlo, M.M., yang juga sekaligus sebagai Ketua Forkom menjadi salah satu Narasumber pada acara ini.

Kegiatan Forkom dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan Sambutan oleh Ketua Forkom Perpustakaan dan Kearsipan DIY. Dalm sambutannya, Bp. Drs Ali Ridlo, M.M. mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam acara Forkom. Beliau mengatakan, banyak catatan-catatan yang harus kita evaluasi bersama. Selain itu, rencana keberlanjutan kegiatan Forkom ke depan juga perlu dibicarakan kembali.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan materi tentang motivasi kerja yang disampaikan oleh Shinta, S.Pd., M.Si., MA. (Bunda Cinta), Direktur Bunda-Cinta Psikolog Center. Materi ini sangat menarik sekali bagi peserta karena membahas tentang permasalahan-permasalah yang umumnya terjadi di dunia kerja. Ibarat baterai, khususnya bagi PNS/ASN perlu mendapatkan pasokan energi baru untuk mengingatkan kembali tentang motivasi kita bekerja.

Pada akhir acara, dibahas mengenai rencana kegiatan Forkom di tahun 2019. Di antaranya adalah:

  1. Tujuan Forum diumuskan kembali
  2. Pada pertemuan Forkom, diadakan kegiatan semacam seminar, bedah buku, sarasehan, dan sebagainya dengan memberdayakan Pustakawan dan Arsiparis sebagai Narasumber
  3. Forkom akan menyelenggarakan bakti sosial untuk korban gempa, dan sebagainya serta bantuan kepada perpustakaan-perpustakaan kecil di pelosok daerah
  4. Keadaan keuangan secara rutin dilaporkan pada setiap pertemuan Forkom

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DIY pada kesempatan ini juga menyampaikan tentang program dan kegiatan BPAD DIY yang bisa diadopsi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Kabupaten/Kota. Adapun Program dan kegiatan tersebut dia antaranya adalah akreditasi perpustakaan, bedah buku, penyusunan Katalog Induk Daerah, Layanan Perpustakaan Keliling, Penyiapan Materi Kearsipan, Kegiatan Pendampingan Penyusutan Arsip, dan Bimtek Pengelolaan Arsip. (PUR)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua download

Download

Statistik

003258

Pengunjung Hari ini : 39
Total pengunjung : 3258
Hits hari ini : 360
Total Hits : 32767
Pengunjung Online : 3

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat