LOMBA POJOK BACA SD N WONOSARI BARU

Jumat, 04 Januari 2019

admin

Berita

Dibaca: 30 kali

          Dalam rangka pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, SD Negeri Wonosari Baru melaksanakan lomba Pojok Baca Antar Kelas pada hari Jumat, 4 Januari 2019.  Kegiatan ini diikuti 15 kelas dari mulai kelas 1 sampai kelas 6 melibatkan siswa, guru kelas dan orang tua siswa. Gerakan Literasi Sekola atau GLS adalah GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Tujuan Umum dari GLS adalah menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Sedangkan tujuan khususnya yaitu Menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah, meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat, menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan, menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

          Acara dibuka oleh Kepala SD N Wonosari Baru dan dilanjutkan penilaian ke kelas-kelas. Jui terdiri dari 3 orang yaitu Agung Wibawa, Pustakawan Madya DPK Kabupaten Gunungkidul, Slamet Sutoyo, Pengawas Kecamatan Wonosari, dan Eko dari LPMP sekaligus widyaiswara. Pada setiap kelas terdapat pojok baca dengan berbagai hiasan yang meriah dan menarik. Ada yang menampilkan pohon pengetahuan dari batang kayu, menaruh buku fiksi di pralon yang dibelah, rak dengan berbagai bentuk yang berbeda satu kelas dengan kelas lain tergantung dari kreasi dan inovasi siswa, guru kelas dan orang tua siswa. Dengan motivasi tinggi untuk mewujudkan gerakan literasi sekolah, rata-rata setiap kelas sudah melakukan literasi sekolah dengan baik.

         Kejuaraan terdiri dari juara 1, 2 dan 3 yang dipilih dari kelas tinggi yaitu klas 4,5, 6 serta kelas rendah yaitu 1, 2 dan 3. Adapun hasilnya sebagai berikut:

Juara kelas tinggi: Juara 1 Kelas 5 B, ke-2 Kelas 4A dan ke-3 kelas 4B.

Juara kelas rendah: Juara 1 Kelas 2A, ke-2 Kelas 3C, dan ke-3 kelas 1B.

Masing-masing menerima hadiah berupa piala. (Agu)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua download

Download

Statistik

004012

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 4012
Hits hari ini : 141
Total Hits : 46964
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat