Random buku baru

Indonesia : Pertumbuhan Ekonomi, Disparitas Pendapatan dan Kemiskinan Massal
Indonesia : Pe..
Lipu
Lipu..
Ayat-Ayat Cinta
Ayat-Ayat Cint..
Kulit Kerang Si Penyelamat
Kulit Kerang S..
Mewarnai, Sains, Menulis Untuk TK Dan SD: Binatang Samudra Pasifik
Mewarnai, Sain..

Cari buku

Berdasarkan Kata kunci

Kearsipan

PENATAAN ARSIP di INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Kategori : Kearsipan    Update:13 September 2017     Nikolae Wibawa     Dibaca:69 x   Comment [0]

Image
PENATAAN ARSIP di INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL


arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai macam bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negera, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, orgasisasi politik, organisasi massa, dan perorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, arsip meliputi ; arsip dinamis dan arsip statis. Arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung oleh pencipta arsip dan disimpan dalam jangka waktu tertentu, sedangkan arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis masa retensinya dan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan/atau Lembaga Kearsipan.
Terkait dengan fungsi dan kegunaan arsip tersebut, kiranya sangat penting dilakukan pnataan arsip dengan baik agar mudah diakses dan pergunakan bagi pengguna yang berhak menggunakan. Menata arsip yang baik bukan sekedar membuat daftar arsip guna penemuan kembali arsip, tetapi juga mengolah arsip menjadi informasi yang mencerminkan keberadaan, tugas dan fungsi pencipta arsip sehingga generasi berikutnya dapat mengetahui peristiwa yang terjadi dimasa lampau melalui arsip yang ada.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul khususnya Bidang Kearsipan melakukan pendampingan penataan arsip di Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul mulai tanggal 21 sampai dengan 25 Agustus 2017. Arsip yang ditata yaitu arsip Laporan Hasil Pemeriksaan khusus dan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK yang berlangsung selama satu minggu mulai dari pengelompokan sampai dengan pembuatan daftar arsip dan pengeboxan. Kegiatan ini dikerjakan oleh Arsiparis dan THL Penataan Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul.

Share on Facebook


Komentar on Facebook

Post Komentar

Nama:
Email/Website:
Komentar:
Security code: