Random buku baru

The History of Java
The History of..
Fatwa-Fatwa Jual Beli
Fatwa-Fatwa Ju..
Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum
Metodologi Pen..
Pesona Surga
Pesona Surga..
Energi Alam
Energi Alam..

Cari buku

Berdasarkan Kata kunci

Berita

FORUM KOMUNIKASI PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN SE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kategori Berita    - Update: 04 Oktober 2017     Oleh: Elizabeth Herdina     Dilihat:96 x   Komentar: [0]

ImagePertemuan Forum Komunikasi (FORKOM) Perpustakaan Umum se Daerah Istimewa Yogyakarta, yang diselenggarakan hari Selasa 3 Oktober 2017 bertempat di RM Pring Sewu Jalan Magelang km 9, Mulungan Sleman, dihadiri oleh Kepala BPAD DIY Drs. Budi Wibowo, MM. Pengembangan sumber daya manusia di bidang perpustakaan dan kearsipan perlu senantiasa ditingkatkan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan baik Pustakawan maupun Arsiparis, hal ini dimaksudkan jabatan fungsional ini mempunyai peran yang sangat penting di era informasi, karena ditangan mereka inilah informasi akan senantiasa di jaga dan dikelola secara profesional.
Untuk menghadapi Abad Samudra Hidia, Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mulai melakukan pendataan seluruh desa di wilayah pesisir pantai, untuk menentukan kebijaksanaan pembangunan di wilayah pesisir guna meningkatkan perekonomian masyarakat di pesisir pantai. Selain itu pemerintah juga akan memberdayakan masyarakat melalui perpustakaan serta membangun perpustakaan di pesisir agar generasi muda ikut berperan aktif membangun desanya dengan cerdas.
Saat ini perkembangan jaman ke arah teknologi informasi sangatlah kuat, oleh karena itu pustakawan dan arsiparis perlu bekerjasama dan menjalin hubungan yang harmonis. Untuk itu pelaksanaan pertemuan Forkom mulai Bulan Oktober 2017 digabung antara perpustakaan dan arsip, hal ini dimaksudkan karena pejabat fungsional pustakawan maupun arsiparis merupakan jabatan serumpun yang masing masing bidang mempunyai tanggung jawab sebagai pengelola informasi dan harus sejalan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.
Selain pertemuan rutin tentang berbagi informasi kegiatan di masing masing Kabupaten dan kota serta propinsi, kegiatan Forkom diisi dengan “Seminar Kepustakawanan dan Kearsipan” sebagai narasumber Drs. Budi Wibowo, MM. (Kepala BPAD DIY), Ir. A.A. Ayu Laksmidewi Triastika Putri, MM. (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Julianto Ibrahim, SS., M.Hum. (Dosen FIB UGM), bertindak sebagai moderator Agung Wibawa, SIP. (Pustakawan DPK Kabupaten Gunungkidul). (Wid)



Komentar

Post Komentar

Nama:
Email/Website:
Komentar:
Security code: