Random buku baru

Internet For Kids - Panduan Mengajarkan Internet pada Anak
Internet For K..
curhat bersama aagym
curhat bersama..
HARUT DAN MARUT
HARUT DAN MARU..
lafazh - lafazh cinta
lafazh - lafaz..
Yogya Basa
Yogya Basa..

Cari buku

Berdasarkan Kata kunci

Berita

REGIONAL PEER LEARNING MEETING “PERPUSTAKAAN KREATIF DAN INOVATIF MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

Kategori Berita    - Update: 06 Oktober 2017     Oleh: Elizabeth Herdina     Dilihat:39 x   Komentar: [0]

ImageProgram PerpuSeru saat ini telah menstransformasi perpustakaan di 102 perpustakaan kabupaten/kota dan 584 perpustakaan desa/kelurahan dan TBM di 18 provinsi di Indonesia. Dalam implementasinya, banyak pembelajaran dan praktik-praktik baik yang dilakukan di masing-masing perpustakaan, sehingga mendorong pemanfaatn layanan yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Program PerpuSeru akan memfasilitasi sharing pembelajaran dan praktik baik dari setiap daerh dan juga membangun dukungan stakeholder di tingkat nasional dan provinsi, melalui Regional Peer Learning Meeting 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 5 Oktober 2017 di Hotel Santika Premiere Yogyakarta.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul diundang untuk menjadi peserta dalam acara tersebut bersama Provinsi Jawa Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Tim dari Kabupaten Gunungkidul terdiri dari 2 orang PIC, yaitu Drs. Ali Ridlo, MM dan Purwati, A. Md, serta 24 orang pengelola dari 24 Perpusdes Mitra Program PerpuSeru, yaitu Perpusdes “Ngupoyo Pinter” Bendung, Semin; Perpusdes “Gelis Pinter Maca Jilid II” Bedoyo, Ponjong; Perpusdes “Berseri” Kepek, Saptosari; Perpusdes “Gardu Pintar II” Kepek, Wonosari; Perpusdes Karangsari, Semin; Perpusdes Pundungsari, Semin; Perpusdes “Khasanah Ilmu” Dengok, Playen, Perpusdes “Indika” Sambirejo, Ngawen; Perpusdes Tancep, Ngawen; Perpusdes Karangwuni, Rongkop; Perpusdes “Onto” Ngoro-oro, Patuk; Perpusdes “Khazanah Info” Bejiharjo, Karangmojo, Perpusdes “Nusantara” Kelor, Karangmojo; Perpusdes “Sumber Ilmu” Sidoharjo, Tepus; Perpusdes “Nur’aini” Wonosari, Wonosari; Perpusdes “Griya ilmu” Grogol, Paliyan; Perpusdes “Gajah Pintar” Watugajah, Gedangsari; Perpusdes Ngalang, Gedangsari; Perpusdes “Sumber Berita” Ponjong, Ponjong; Perpusdes Semanu, Semanu; Perpusdes Rejosari, Semin; Perpusdes Planjan, Saptosari; Perpusdes Umbulrejo, Ponjong; dan Perpusdes Kampung, Ngawen.
Pada hari pertama ada 3 materi utama, yaitu Kepemimpinan Berintegritas, Kelas peminatan 1 dan Kelas peminatan 2. Pada pleno Kepemimpinan Berintegritas, hadir Mohammad Jonathan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pada kesempatan ini juga dilaksanakan sosialisasi ACLC (Anti Corruption Learning Center) atau PEA (Pusat Edukasi Anti Korupsi) oleh Frietz Calvin Madayanto.
Pada pleno hari kedua membahas tentang Alokasi dana Desa dengan Narasumber Dr. Joko Santoso, M.Hum (Perpusnas RI), Dr. Priyono (Kementrian Desa Tertinggal) dan Didik Darmanto (Bappenas). Setelah selesai pleno juga masih ada Kelas Peminatan 3 & 4.
Ada yang unik pada PLM kali ini, yaitu Lapak Jongkok PerpuSeru. Lapak ini dimaksudkan untuk menampilkan produk-produk yang dihasilkan masyarakat melalui Perpustakaan Desa yang telah didampingi oleh Program PerpuSeru. Selain itu, juga ada Lomba Photoboth yang diikuti oleh semua peserta secara berkelompok. Pada puncak acara PLM ini dimeriahkan dengan Gala Dinner dan Penyerahan apresiasi dari PerpuSeru untuk perpustakaan yang berpartisipasi. Sangat membanggakan, Tim dari Kabupaten Gunungkidul memboyong berbagai macam kejuaraan, di antaranya adalah:
1. Lomba Menulis Cerita Impact oleh Perpustakaan “Khazanah Info”, Bejiharjo, Karangmojo dengan hadiah sebesar Rp.2.000.000,-
2. Lomba Menulis Cerita Impact oleh perpustakaan “Indika”, Sambirejo, Ngawen dengan hadiah sebesar Rp.2.000.000,-
3. Lomba Video Impact oleh Perpustakaan “Ngupoyo Pinter”, bendung, Semin dengan hadiah sebesar Rp.4.000.000,-
4. Lomba lapak terbaik dengan hadiah sebesar Rp.10.000.000,-
5. Laporan Dokumentasi online terbaik dengan hadiah sebesar Rp.8.000.000,-
6. Lomba photoboth terbaik
7. Lomba Kostum terbaik
Acara ini ditutup secara resmi setelah pengumuman kejuaraan tersebut. Banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baru yang didapat pada PLM kali ini. Prestasi yang diraih semoga menjadi penyemangat bagi Perpustakaan Daerah dan Perpustakaan Desa dalam bertransformasi menjadi pusat belajar masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Gunungkidul.

PURWATI



Komentar

Post Komentar

Nama:
Email/Website:
Komentar:
Security code: