Random buku baru

Peluang Usaha Peternak Bebek Darat
Peluang Usaha ..
LIPU
LIPU..
FILSAFAT UNTUK PEMULA
FILSAFAT UNTUK..
Birthday Party Hand Book
Birthday Party..
GLOSARIUM FISIKA
GLOSARIUM FISI..

Cari buku

Berdasarkan Kata kunci

Berita

MUTIARA PERPUSTAKAAN DI PESANTREN DARUSH SHOLIHIN

Kategori Berita    - Update: 09 Oktober 2017     Oleh: Nikolae Wibawa     Dilihat:29 x   Komentar: [0]

Image
MUTIARA PERPUSTAKAAN DI PESANTREN DARUSH SHOLIHIN

Dalam upaya meningkatkan berbagai jenis layanan di Pesantren Darush Sholihin, pengurus pesantren menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kwalitas layanan pesantren, salah satu upaya yang dilakukan yaitu membangun perpustakaan pesantren. Pengurus sadar betul akan pentingnya perpustakaan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan jamaah/santri yang menuntut ilmu di pesantren ini. Jalinan kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul dengan pendampingan pengelolaan perpustakaan pesantren Darush Sholihin, dilaksanakan Hari Kamis 5 Oktober 2017 yang dihadiri oleh Heryanti, S.Pd., Erny Widyaningtyas, S.IP. dan Fendi Kurniawan , S.I.Pust.
Pesantren Darush Sholohin, berada di Dusun Warak RT 08, RW 02, Desa Girisekar, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, kode pos 55872. Berdiri sejak tahun 2011, para santri berasal dari warga sekitar dan ada sebagian dari desa tetangga. Kedepannya pesantren ini akan dikembangkan menjadi pesantren yang berbasis wirausaha. Santri yang memiliki skill akan dididik mandiri dengan memanfaatkan perpustakaan mencari informasi dan pengetahuan lewat buku buku yang disediakan oleh perpustakaan pesantren dan memasarkan produk yang dihasilkan secara on line. Pesantren yang dipimpin oleh Ustadz Muhammad Abduh Tausikal mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sebagai pimpinan pesantren yang memiliki kegemaran membaca menjadikan pesantren Darush Sholihin memiliki ruang perpustakaan dan koleksi buku yang sangat luar biasa .
Dalam kegiatan pendampingan pengelolaan perpustakaan, pengelola perpustakaan pesantren, Indra Ristianto sangat respon terhadap arahan yang diberikan oleh pihak DPK Kabupaten Gunungkidul. Berkenaan koleksi yang dimiliki oleh pesantren ini sangat khusus, pihak DPK Kabupaten Gunungkidul akan menjalin kerjasama dengan UIN Kalijaga Yogyakarta untuk membantu mengolah koleksi pesantren ini. Koleksi bahan pustaka sebagian besar merupakan koleksi bertuliskan Arab, yang dibeli oleh pengurus pesantren langsung dari Arab.
Tidak disangka dusun Warak, yang terletak didaerah pegunungan batu memiliki mutiara yang patut kita banggakan. Dengan ruang yang cukup luas dan ber AC menyebabkan setiap orang yang masuk ke ruangan perpustakaan akan betah, dan nyaman. Sebagai pemimpin pesantren Ustadz Abduh sangat suka bekerja diruang ini untuk menulis baik buku maupun materi yang akan digunakan untuk pengajian. (Wid).



Komentar

Post Komentar

Nama:
Email/Website:
Komentar:
Security code: