Random buku baru

cara genius menguasai tabel perkalian
cara genius me..
Finding MINO
Finding MINO..
mengajar bayi anda membaca
mengajar bayi ..
Mari Menjelajahi Benua Eropa
Mari Menjelaja..
Kewirausahaan
Kewirausahaan..

Cari buku

Berdasarkan Kata kunci

Serba serbi

Kiriman dari : Giyanta , S.Ag
Tentang penulis : Peserta Diklat Pengelola Perpustakaan Guru SMP Negeri 1 Nglipar

OLEH-OLEH OBSERVASI LAPANGAN

Serba serbi    - Update: 23 Oktober 2017    Dilihat:258 x  

Memberikan bekal kepada pengelola perpustakaan , utamanya pengelola perpustakaan yang baru tentunya sangat dibutuhkan dan sangat penting . Pengelola perpustakaan yang berasal dari berbagai macam latar belakang yang berbeda ( Pendidikan , pengalaman tentang Perpustakaan ) tentu juga mempunyai berbagai macam persepsi tentang perpustakaan , mulai dari mengelola itu tugasnya hanya menjaga buku saja karena perpustakaan dianggap hanya sekedar pelengkap Akriditasi , mengelola perpustakaan karena hanya sekedar sebagai tambahan jam , mengelola perpustakaan itu sangat rumit , atau juga ada mempunyai presepsi yang sudah maju mengelola perpustakaan itu menyenangkan dll , dari berbagai macam latar belakang itulah , BKPPD kabupaten Gunungkidul sangat responsif untuk memberikan pembinaan melalui Diklat Teknis Pengelola Perpustakaan , yang di laksanakan pada tanggal 9 – 26 oktober 2017 berbagai macam materi Diklat tentu sangat bermanfaat bagi peserta Diklat , sehingga berbagai persepsi ( Tentang Perpustakaan ) yang muncul ketika sebelum mengikuti Diklat , setelah mendapatkan pencerahan tentu akan dapat meminimalisir persepsi yang berbeda tentang Perpustakaan . Materi Diklat salah satunya adalah Orientasi Lapangan yang dilaksanakan tanggal 19 oktober 2017 , semua peserta dan pendamping mengadakan observasi lapangan di SMP Negeri 3 salatiga , SMP Negeri 3 Salatiga merupakan salah satu sekolah yang sudah mempunyai segudang prestasi tentang pengelolaan perpustakaan . banyak hal yang bisa kita lihat langsung dalam observasi lapangan , diantaranya sarana Prasarana mulai Gedung , Perabot , Jenis – jenis Koleksi , system layanan , Cara Mengelola, Kebijakan sekolah dll . Dari hasil observasi tentunya ada beberapa hal dapat di implementasikan pada sekolah masing-masing sesuai dengan kondisi sekolah . antara lain : 1. Komitmen pemangku kebijakan ( Kepala sekolah ) Dengan adanya komitmen Kepala sekolah ( dari segi kebijakan ) tentu akan mempengaruhi pengelola , pemustaka , bahkan keberadaan perpustakaan itu sendiri . seperti yang telah di terapkan di SMP Negeri 3 salatiga kepala sekolah sangat konsen terhadap keberadaan perpustakaan bahkan menjadi ikon dari sekolah tersebut . 2. Komitmen Pengelola Perpustakaan Dalam mengelola perpustakaan seorang pengelola seharusnya bisa memberikan , mencurahkan , meluangkan waktu , tenaga , pikiran untuk kegiatan perpustakaan sesuai dengan tugasnya masing-masing . seperti di SMP Negeri 3 salatiga walaupun sekarang sudah menuai berbagai macam prestasi pada awalnya juga mengalami hal- hal yang sulit . 3. Inovasi Selain mempunyai komitmen dalam menjalankan tugas sebagai pengelola , di harapkan pengelola juga dapat melakukan inovasi , kreasi yang dapat menumbuhkan semangat warga sekolah untuk dapat menjadikan perpustakaan itu menjadi jantungnya sekolah , karena perpustakaan sebagai sumber dari segala informasi . 4. Sarana dan Prasarana Sarana dan Prasarana tidak lepas dari kebijakan kepala sekolah , sarana yang lengkap ( Koleksi , perabot , Internet dll ) tentu juga sangat berpengaruh terhadap pemustaka , pemustaka akan menjadi nyaman , pengelola tugasnya juga akan menjadi ringan karena terbantu oleh sarana . namun bukan berarti sarana itu mutlak harus lengkap , apa artinya sarana lengkap kalau tidak ada komitmen , keseriusan pengelola Perpustakaan. Tentunya kedua-dua harus sinergi antara sarana dan pengelola . Dari hasil Observasi Lapangan dapat kita petik suatu pelajaran , mengelola perpustakaan itu di butuhkan suatu komitmen Kepala sekolah , dalam hal ini pada sisi Kebijakan , serta pemangku kebijakan yang lain dan Komitmen Pengelola dalam menangani Perpustakaan . Pengelola dapat melakukan inovasi dan kreasi ( penataan perabot , koleksi pustaka , layanan dsb ) sehingga pemustaka akan tertarik untuk mengunjungi , memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi .

Share on Facebook


Komentar

Post Komentar

Nama:
Email/Website:
Komentar:
Security code: