LOMBA MENULIS SINOPSIS SISWA SMP/MTs KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2019

Kamis, 14 Maret 2019

bayusn

Berita

Dibaca: 1101 kali

Selasa, 12 Maret 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Lomba Menulis Sinopsis kategori Siswa SMP/MTs se-Gunungkidul. Pada tahun 2019 ini lomba sinopsis diikuti oleh 74 peserta dengan mengambil tema Perjuangan para Pahlawan dalam Berjuang Meraih Kemerdekaan RI dengan judul “Serangan Umum 1 Maret”. Dari 74 peserta ini nantinya akan dipilih 10 naskah terbaik dan akan dipresentasikan untuk menentukan peringkat. Kegiatan ini dibuka dengan berdoa bersama dipimpin oleh Pembawa acara.  Selanjutnya disampaikan laporan penyelenggaraan lomba sinopsis oleh Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan yaitu Ibu Adriana, S.Sos, MAP, beliau melaporkan tentang tema lomba, maksud dan tujuan lomba yaitu untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya pelajar sekaligus mengenang dan meneladani para pahlawan yang mendahului kita. Disampaikan juga laporan anggaran kegiatan lomba yang diambilkan dari dana APBD 2019, serta karena antusiasme dari masing-masing sekolah, peserta yang tadinya berjumlah 50 siswa bertambah menjadi 74 siswa.

Acara selanjutnya yaitu sambutan Kepala DPK Kabupaten Gunungkidul, Bapak Drs. Ali Ridlo, MM yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan lomba. Dalam sambutannya beliau menyampaikan motivasi kepada peserta lomba agar bersemangat dalam melakukan kegiatan Literasi, membaca menjadi budaya dan kebiasaan yang harus dikembangkan untuk menjadi orang sukses dan lebih maju. Kemudian disampaikan penjelasan lomba oleh Pustakawan yaitu Ibu Siti Indarwati, SIP. Pelaksanaan lomba sendiri dilaksanakan dalam dua jam, untuk satu jam pertama membaca naskah dan satu jam selanjutnya digunakan untuk menulis isi materi yang telah dibaca. Para peserta lomba nampak serius mengikuti kegiatan ini, masing-masing menggunakan teknik tersendiri untuk memahami isi materi yang akan ditulis. Acara ditutup oleh Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, dengan sebelumnya disampaikan sosialisasi E-pusda oleh Bapak Agung Wibawa, SIP dan keikutsertaan peserta sebagai anggota Perpustakaan. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan minat baca, melatih kemampuan menulis serta membudayakan kegemaran menulis di kalangan pelajar SMP/MTs di Kabupaten Gunungkidul. (Devi)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua download

Download

Statistik

170491

Pengunjung Hari ini : 81
Total pengunjung : 170491
Hits hari ini : 353
Total Hits : 1157728
Pengunjung Online : 4

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID

E-DHAKSINARGA

https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/toto-slot/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot-thailand/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot88/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sgacor/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sthai/ https://jerman.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/stoto/