Penandatangan MOU Pemanfaatan Aplikasi Kunang-kunang

Jumat, 22 Maret 2019

bayusn

Berita

Dibaca: 53 kali

Di era globalisasi waktu berkejaran dengan kemajuan tekhnologi Informatika, remaja dan anak-anak sudah mulai asyik dengan dunia maya, bergaul dengan dunia luar dan menguasai dunia lewat akses internet. Dengan jari-jari kecil mereka, anak-anak mampu membuka informasi banyak hal.

Hal tersebut menjadi tantangan para pengelola perpustakaan agar keberadaan Perpustakaan dapat diterima masyarakat khususnya remaja dan anak-anak. Di jaman now, di era Tekhnologi Informatika perpustakaan tidak lagi hanya menyediakan layanan pinjam, baca buku tapi juga membuka diri dengna layanan lainnya yaitu penyediaan sarana Wifi dan komputer untuk berkegiatan yang disebut dengan Perpustakaan berbasis IT.

Inovasi Layanan yang kami laksanakan di perpustakaan desa adalah program aplikasi Kunang-kunang. Aplikasi Kunang-kunang merupakan aplikasi berbasis IT yang digunakan untuk mendata pengunjung perpustakaan yang mengakses internet dan sekaligus memantau penggunaan Internet para pengunjung dalam hal waktu penggunaan dan yang diakses oleh para pengunjung. Inovasi tersebut merupakan salah satu inovasi perpustakaan berbasis IT agar perpustakaan yang melakukan layanan IT tetap bisa menjaga menjaga kenyamanan dan keamanan anak-anak dalam mengakses Internet di era globalisasi.

Namun sayang belum semua perpustakaan desa mampu untuk menginstal program aplikasi kunang-kunang, karena program kunang-kunang butuh maintance terhadap server yang disiapkan dalam jaringan pemasangan kunang-kunang.

Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul memberikan apresiasi kepada Desa yang telah memanfaatkan dan memelihara program Kunang-kunang bagi layanan  Perpustakaan desa di 3 (tiga) desa. Apresiasi tersebut berupa penandatanganan MOU Pemanfaatan Aplikasi kunang-kunang di Perpustakaan desa Ngalang Membaca Desa Ngalang Gedangsari, Perpustakaan desa Indika, Desa Sambirejo Ngawen dan Perpustakaan desa  Khasanah Ilmu Desa Dengok Playen. Penandatangan oleh masing-masing Kepala Desa dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Gunungkidul. (ADR)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua download

Download

Statistik

004103

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 4103
Hits hari ini : 29
Total Hits : 89893
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat