SIARAN RADIO DENGAN TEMA LOMBA MENULIS SINOPSIS TINGKAT SMP/MTS SE-KABUATEN GUNUNGKIDUL

Jumat, 22 Maret 2019

bayusn

Berita

Dibaca: 34 kali

Siaran Rabu siang di tanggal 20 Maret 2019 secara live di radio Swara Dhaksinarga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK)  Kabupaten Gunungkidul mengadakan sosialisasi kegiatan dengan tema “Semangat perjuangan para pahlawan dalam serangan Umum Satu Maret, kita tingkatkan semangat  menuntut ilmu dan mengisi masa muda dengan hal-hal yang berguna”, demikian tema kegiatan Lomba Menulis Sinopsis yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul.  Sebagai narasumber dalam acara Talk show Siaran Radio Live tersebut adalah Ibu Adriana selaku Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Bidang Perpustakaan DPK Kabupaten Gunungkidul dan Mbak Mini GK seorang penulis putra daerah Gunungkidul sebagai salah satu juri kegiatan Lomba menulis Sinopsis tahun 2019 ini.

Penyiar radio yang bertugas siang hari itu Mbak Gita menanyakan tentang jumlah peserta Lomba Sinopsis bagi pelajar MTs dan SMP dan dijawab oleh Ibu Adriana bahwa peserta lomba tahun ini melebihi target yang direncanakan yaitu 50 peserta menjadi 74 pendaftar lomba. Lomba dilaksanakan  (dua) tahap yaitu tahap penyisihan pada tanggal 12 Maret 2019 para peserta diminta untuk menuliskan ringkasan atau sinopsis dari sebuat artikel yang berjudul “Serangan Umum Satu Maret”, dan kemudian dari peserta sejumlah 74 peserta di rangking menjadi 10 peserta yang kemudian mengikuti Final dengan tampil di depan Juri menyampaikan hasil tulisannya atau presentasi pada hari Rabu, 20 Maret 2019. Demikian penjelasan Narasumber pertama Ibu Adriana.

Selanjutnya Mbak Gita menayakan bagaimana kesan dari Juri dari beberapa karya sinopsis siswa siswi peserta lomba, dan dijawab oleh Mbak Mini GK bahwa sangat luar biasa perkembangan anak-anak sekarang, kemampuannya dalam menceritakan kembali hasil membaca karya, menuangkan ide dan menyusun kata-kata dalam sebuah karya tulisan hasil sinopsis artikel atau cerita.

Tak lupa berkaitan dengan program di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, Mbak Gita menanyakan bagaimana upaya yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satu upaya dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul  adalah dengan melakukan kegiatan lomba-lomba yaitu seperti Lomba menulis Sinopsis yang baru kita selenggarakan ini, Lomba Perpustakaan, Lomba Bercerita Tingkat Pelajar dan Umum, Lomba Impact Perpustakaan desa, dan juga kegiatan workshop peningkatan minat baca, Bedah Buku. Apalagi kegiatan yang terkait langsung dengan para pemustaka yaitu kegiatan Kunjung Perpus, peminjaman kolektif, Perpustakaan Keliling, Hibah Buku dan sebagainya,

Tak terasa dialog secara live tentang tema sore ini “Lomba Menulis Sinopsis” harus diakhiri karena keterbatasan waktu, dan diujung acara masing-masing Narasumber menyampaikan harapan-harapannya.. Ibu Adriana Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan menyampaikan pesan kepada para generasi muda khususnya untuk memanfaatkan waktu di usia muda dengan sebaik-baiknya, dengan membaca tidak hanya menambah wawasan kita namun juga mampu meningkatkan kualitas diri kita. Lebih cerdas, Nyambung kalau diajak ngobrol dan kepribadian menjadi lebih baik tentunya.

 Harapan dari Mbak Mini GK agar para generasi muda meningkatkan nutrisi otaknya dengan banyak membaca, apabila kita banyak membaca maka kapasitas otak menjadi lebih baik, lebih tajam dan menjadikan kita lebih berenergi untuk melakukan hal-hal positif di sekitar kita.(ADR)

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua download

Download

Statistik

004103

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 4103
Hits hari ini : 32
Total Hits : 89896
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat