SOSIALISASI “ e-pusda gunungkidul” DI SMKN 1 WONOSARI

Minggu, 24 Maret 2019

bayusn

Berita

Dibaca: 47 kali

 

E-pusda gunungkidul adalah salah satu koleksi perpustakaan digital yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul. Agar lebih dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul gencar melakukan sosialisasi koleksi perpustakaan digitalnya di sekolah-sekolah. Salah sekolah tersebut adalah SMK Negeri 1 Wonosari yang pelaksanaannya berlangsung pada tanggal 21 Maret 2019. Acara ini diselenggarakan di SMK Negeri 1 Wonosari dengan diikuti oleh dewan guru sebanyak 140 orang, dan juga diikuti beberapa siswa sekolah serta lima orang personil dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Daerah Istimewa Yogyakarta. Petugas DPAD DIY memberikan penjelasan terkait borang akreditasi perpustakaan sekolah, setelah selesai acara sosialisasi “e-pusda gunungkidul”.
Sosialisasi ini merupakan salah satu cara bagi sekolah yang akan mengikuti Akreditasi Perpustakaan Sekolah, yaitu dalam hal melakukan kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gunungkidul dan bimbingan pemustaka dalam kegiatan perpustakaan. Selain itu, tujuan lain dengan diadakannya sosialisasi “e-pusda gunungkidul” ini adalah guru dan siswa dapat mengakses koleksi-koleksi digital dengan mudah untuk mendukung referensi pembelajaran di kelas. Petugas yang melaksanakan sosialisasi ini yaitu Siti Indarwati, S.I.P., Agung Wibawa, S.I.P., dan Bambang Agus Riyanto, S.I.P., mereka bertiga adalah Pejabat Fungsional Pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, dan kehadirannya diterima langsung dan disambut dengan baik oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Wonosari.
Pada saat sosialisasi tersebut, disampaikan informasi mengenai jumlah koleksi “e-pusda gunungkidul” yang dimiliki sampai dengan tahun ini, yaitu sebanyak 963 judul/ 1.926 eksemplar. Dikenalkan pula tentang “e-pusda gunungkidul” yang dapat di install di PC/ Laptop dan juga HP Android para guru maupun bagi siswa. Akan tetapi kondisi saat itu karena kurangnya bandwich internet yang dimiliki SMKN 1 Wonosari, sehingga baru tiga orang saja yang berhasil menginstall sampai dengan divalidasi oleh admin Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul. Pada kesempatan yang sama dijelaskan pula oleh pemateri tentang banyaknya kelebihan yang dimiliki pada aplikasi “e-pusda gunungkidul” ini dibandingkan dengan e-book lainnya. Beberapa fitur dibuat menarik agar pembaca lebih nyaman dalam mengakses. Fitur-fitur yang ada pada “e-pusda gunungkidul” yaitu: pencarian kalimat, catatan dan stabilo, salin daftar pustaka, salin info buku, kutip bagikan dan audio book. Rencana ke depan akan ada penambahan beberapa fitur menarik lagi yaitu fasilitas untuk menggambar dan fasilitas untuk sosial media. Dengan fitur-fitur yang menarik ini diharapkan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul akan semakin tertarik untuk menginstall dan menggunakan “e-pusda gunungkidul” karena caranya juga sangat mudah. Dengan “e-pusda gunungkidul” yang semakin banyak digunakan, diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan minat baca para siswa dan guru khususnya, dan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul pada umumnya secara lebih baik lagi. (Arya)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua download

Download

Statistik

004103

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 4103
Hits hari ini : 26
Total Hits : 89890
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat