VISITASI LOMBA PERPUSTAKAAN SMP/MTs. TAHUN 2019 DI PERPUSTAKAAN “BUSTANUL ULUM” MTs. NEGERI 1 GUNUNGKIDUL

Senin, 19 Agustus 2019

bayusn

Berita

Dibaca: 67 kali

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di perpustakaan sekolah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Evaluasi Perpustakaan Desa dan Sekolah Tahun 2019. Kegiatan evaluasi/lomba ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun untuk kategori Perpustakaan Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Perpustakaan Desa. Pada tahun 2019 ini, ada 18 Perpustakaan SD/MI, 13 Perpustakaan SMP/MTs, dan 8 Perpustakaan Desa yang mengikuti evaluasi perpustakaan ini. Setelah diseleksi pada tahap pertama (seleksi berkas), terpilih 5 (lima) perpustakaan SD/MI, 3 (tiga) perpustakaan SMP/MTs dan 3 (tiga) perpustakaan desa, dan berhak mengikuti tahap selanjutnya yaitu tahap visitasi.

Bertepatan dengan hari Kamis Pahing, 15 Agustus 2019, Tim Evaluasi Perpustakaan Desa dan Sekolah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul mengunjungi MTs Negeri 1 Gunungkidul di Gubugrubuh, Playen. Tim terdiri dari Kepala Bidang Perpustakaan, Didit Widiatmoko, S.IP., M.Si., Heryanti, S.Pd. (Pustakawan), Sakino, SH., MAP. (Pustakawan), Purwati, S.I.Pust. (Pustakawan), Lukman Nur Azis (Staf) dan Devi Ukhtisari, S.I.Pust. Tim diterima keluarga besar Perpustakaan MTs Negeri 1 Gunungkidul pada pukul 14.00 WIB. Dalam sambutannya, Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Latif Jauhari, M.Pd.I menyampaikan selamat datang di Perpustakaan “Bustanul Ulum” MTs Negeri 1 Gunungkidul. Beliau juga menyampaikan bahwa salah satu motivasi Perpustakaan Bustanul Ulum mengikuti lomba ini bukan semata-mata mencari kejuaran, namun sebagai sarana untuk lebih meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. MTs Negeri 1 Gunungkidul juga mengucapkan terima kasih atas kesempatannya mengikuti lomba perpustakaan pada tahun ini.

Penilaian berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam. Penilaian ini meliputi organisasi perpustakaan, gedung/ruang perpustakaan, sarana dan prasarana, ketenagaan, koleksi perpustakaan, pengorganisasian bahan perpustakaan, pelayanan perpustakaan, promosi, kerjasama perpustakaan, anggaran perpustakaan, serta integrasi layanan dengan kurikulum.

Pada akhir acara, Kepala Bidang Perpustakaan menyampaikan pesan kesan Tim Juri, bahwa secara umum, pengelolaan Perpustakaan Bustanul Ulum MTs Negeri 1 Gunungkidul sudah bagus. Ada beberapa rekomendasi yang menjadi catatan juri dan perlu ditindaklanjuti oleh kepala dan pengelola Perpustakaan Bustanul Ulum untuk pengembangan perpustakaan ke depan. Secara lisan, rekomendasi tersebut telah disampaikan juri kepada masing-masing pengelola perpustakaan yang membidangi, sedangkan rekomendasi secara tertulis akan disampaikan pada pengumuman dan penyampaian hadiah pada tanggal 27 Agustus 2019. (Pur)

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua download

Download

Statistik

004285

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 4285
Hits hari ini : 61
Total Hits : 167434
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat