SOSIALISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SD NEGERI PONJONG I

Kamis, 05 Maret 2020

admin

Berita

Dibaca: 108 kali

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul melalui Seksi Pembinaan dan Pengembangan Bidang Perpustakaan melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan di Perpustakaan SD Negeri Ponjong I yang beralamat di Dusun Karangijo Kulon, Desa Ponjong, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul pada hari Senin (02/03/2020). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tugilah,  Pengawas dari Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Kecamatan Karangmojo, Agus Jumairi, M.Pd.,  Kepala SD Negeri Ponjong I., Pri Hastuti Setianingsih, S.Sos., Kepala Seksi Pengolahan, Pengadaan dan Pelestarian Bahan Pustaka, Siti Indarwati, SIP., Pustakawan, dan Bambang Agus Riyanto, S.IP., Pustakawan serta para guru dan Paguyuban Orang Tua Murid (POT) SD Negeri Ponjong I.

Agus Jumairi menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kedatangan Tim Akreditasi Perpustakaan dari DPK Kabupaten Gunungkidul. Selain itu pula disampaikan bahwa dalam rangka menghadapi akreditasi perpustakaan ini, Kepala Sekolah membuat Surat Keputusan Nomor: 08/SD.PJI/II/2020 tentang Penetapan Tim Akreditasi Perpustakaan Sekolah SD Negeri Ponjong I yang terdiri dari Guru dan Paguyuban Orang Tua Murid. Sekolah melibatkan orang tua murid dalam sebuah tim untuk memenuhi bukti fisik instrumen akreditasi yang bisa dicontoh oleh sekolah lain karena keterbatasan Sumber Daya Manusianya. Kreativitas Kepala Sekolah tidak berhenti disitu saja, Agus menciptakan jinggle tentang pelaksanaan akreditasi perpustakaan sekolah ini.

Dalam sambutannya, Tugilah sebagai Pengawas memberikan motivasi kepada Tim Akreditasi Perpustakaan SD Negeri Ponjong I untuk selalu bersemangat dan niat ikhlas dalam menghadapi pelaksanaan akreditasi ini. Diharapkan dalam sosialisasi ini semua Tim dapat menerima penjelasan instrumen akreditasi dan dapat memenuhi bukti fisik yang dibutuhkan sehingga memperoleh nilai yang maksimal yakni “Terakreditasi A”.

Kepala Seksi Pengolahan, Pengadaan, dan Pelestarian Bahan Pustaka Pri Hastuti Setianingsih, S.Sos. menyampaikan dalam sambutannya bahwa kedatangan Tim dari DPK Kabupaten Gunungkidul adalah untuk mendampingi persiapan akreditasi perpustakaan sekolah agar hasilnya lebih baik dari yang sekarang. Harapannya, perpustakaan akan berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat digunakan untuk mendidik siswa dalam mengenalkan buku-buku bacaan sejak dini. Akreditasi perpustakaan tidak dijadikan beban tetapi jadikan sebagai tantangan untuk dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan secara bertahap.

Pada sosialisasi ini, Siti Indarwati menyampaikan dan menjelaskan tentang enam komponen akreditasi perpustakaan yaitu koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan, serta penguat kinerja. Pada kesempatan ini dijelaskan tentang indikator-indikator yang ada di instrumen beserta solusinya untuk memperoleh nilai yang maksimal dan juga bukti-bukti fisik yang harus dipenuhi. Hasil bobot penilaian akreditasi perpustakaan sekolah dari semua komponen untuk sementara berjumlah 66,21 yang berarti untuk sementara hasilnya adalah “Terakreditasi C”.

Setelah menyampaikan materi, dilakukan kunjungan ke perpustakaan untuk melihat kondisi saat ini. Setelah dilakukan survei ada beberapa hal yang perlu dibenahi antara lain perlunya pengecatan rak buku, dinding perpustakaan, pembuatan sudut-sudut baca di sekolah, pemenuhan koleksi, sarana dan prasarana serta administrasi yang masih kurang. Diharapkan dengan mengikuti akreditasi ini, perpustakaan akan semakin diperhatikan keberadaannya serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. (iin)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua download

Download

Statistik

038284

Pengunjung Hari ini : 33
Total pengunjung : 38284
Hits hari ini : 58
Total Hits : 404645
Pengunjung Online : 6

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat