Pengumuman Kejuaraan Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kalurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020

Senin, 22 Juni 2020

admin

Berita

Dibaca: 1116 kali

Pada tahun 2020 semua masyarakat di Indonesia bahkan dunia sedang fokus dengan pandemi covid-19. Segala sumber daya yang dimiliki pemerintah, swasta, dan masyarakat di sebagian besar dialokasikan untuk penanganan covid-19 serta dampaknya. Namun demikian, perpustakaan sebagai bagian dari unsur penting dalam mencerdaskan anak bangsa perlu tetap berkiprah menjadi bagian dalam memberikan informasi dan ilmu. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Kabupaten Gunungkidul pada tahun ini menyiapkan 2 (dua) perpustakaan desa untuk maju ke tingkat  DIY yaitu Perpustakaan Balai Pintar, Desa Pengkol dan Perpustakaan Cemerlang, Desa Ngawu untuk mengikuti seleksi bersama 6 (enam) perpustakaan lainnya dari Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo. Adapun perwakilan perpustakaan desa yang mengikuti lomba tahun ini sebagai berikut:

  • Kabupaten Bantul diwakili oleh Perpustakaan Sendhang Kamulyan, Desa Dlingo dan Perpustakaan Griya Baca Trimurti, Desa Trimurti.
  • Kabupaten Gunungkidul diwakili oleh Perpustakaan Balai Pintar, Desa Pengkol dan Perpustakaan Cemerlang, Desa Ngawu.
  • Kabupaten Kulon Progo diwakili oleh Perpustakaan Sari Ilmu, Desa Sukoreno dan Perpustakaan Swa Pustaka, Desa Hargorejo.
  • Kabupaten Sleman diwakili oleh Perpustakaan Pena, Desa Sumberharjo dan Perpustakaan Banyurejo, Desa Banyurejo.
  • Sedangkan Kota Yogyakarta tahun ini tidak mengirimkan perwakilan.

Pada tanggal 12 Juni 2020 Dispussip Kabupaten Gunungkidul memfasilitasi pengiriman berkas instrumen lomba dan profil Perpustakaan Balai Pintar dan Perpustakaan Cemerlang. Selanjutnya Tim dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY dalam tahapan awal penilaian melakukan penilaian administrasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2020. Penilaian administrasi dilakukan oleh tim Juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya. Hasil dari penilaian administrasi yaitu terpilihnya lima perpustakaan yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu penilaian visitasi. Lima perpustakaan desa tersebut yaitu perpustakaan Balai Pintar, perpustakaan Sendhang Kamulyan, perpustakaan Pena, Perpustakaan Sari Ilmu dan Perpustakaan Swa Pustaka.

Penilaian berikutnya adalah melakukan visitasi yang dilaksanakan selama dua hari yaitu Kamis dan Jumat, pada tangal 18 dan 19 Juni 2020. Penilaian Visitasi ini sekaligus memberikan kesempatan pada peserta untuk melakukan presentasi Di perpustakaan Balai Pintar presentasi dibawakan oleh Dewi Ria Rahmawati, SE salah satu pengelola Perpustakaan Balai Pintar. Dan setelah dilakukan penilaian presentasi kemudian juri melakukan tanya jawab dan verifikasi kondisi perpustakaan yang sesungguhnya untuk mendapatkan gambaran utuh dan lengkap tentang kondisi perpustakaan. Penilaian Visitasi juga dilakukan untuk melakukan klarifikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrumen dan presentasi peserta. Hasil dari penilaian Visitasi yaitu terpilihnya juara 1 sampai dengan Juara Harapan 2 Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY Tahun 2020.

Setelah melakukan penilaian berdasarkan pedoman dan kriteria yang ditetapkan, Tim Juri yang terdiri dari Sarwono sebagai Ketua Tim,  Susila Widodo, dan Budiyono sebagai anggota tim Juri memutuskan hasil kejuaran lomba Perpustakaan Umum (desa/kelurahan)  tingkat DIY dengan Berita Acara Nomor 041/04324 tanggal 19 Juni 2020 Tentang Penilaian dan Penetapan Juara Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY tahun 2020. Adapun Hasil lomba sebagai berikut :

NO

PERPUSTAKAAN DESA

ALAMAT

NILAI

 

1

Perpustakaan Desa Balai Pintar

Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul

740,5

Juara I

2

Perpustakaan Desa PENA

Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

719

Juara II

3

Perpustakaan Desa Swa Pustaka

Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo

664,5

Juara III

4

Perpustakaan Sari Ilmu

Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo

656

Juara Harapan I

5

Perpustakaan Sendhang Kamulyan

Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

647

Juara Harapan II

 

Dengan demikian, Perpustakaan Balai Pintar, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul akan mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional tahun 2020. Selanjutnya tahapan lomba di tingkat Nasional dimulai dengan mengirimkan instrumen penilaian dan dokumen pendukung kepada Panitia Pusat yang berkantor di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Ucapkan selamat disampaikan oleh Dispussip Kabupaten Gunungkidul kepada Perpustakaan Balai Pintar, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul  dan diharapkan dapat mengikuti tahapan lomba dengan lancar dan meraih kembali Juara 1 di Tingkat Nasional sebagai wakil Daerah Istimewa Yogyakarta. (ADR)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua download

Download

Statistik

170570

Pengunjung Hari ini : 160
Total pengunjung : 170570
Hits hari ini : 759
Total Hits : 1158134
Pengunjung Online : 3

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID

E-DHAKSINARGA

https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/toto-slot/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot-thailand/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot88/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sgacor/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sthai/ https://jerman.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/stoto/