MONITORING DAN EVALUASI PENGELOLAAN ARSIP DESA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2018

monev

Sebagai bentuk kelanjutan kegiatan pembinaan kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul sebagai Lembaga Kearsipan Daerah terus berkesinambungan melakukan upaya pembinaan kearsipan agar upaya yang telah kita lakukan akan terus berdampak baik pada pengelolaan kearsipan terutama bagi pengelolaan kearsipan yang dilaksanakan di desa-desa se-Kabupaten Gunungkidul.

Sebagai bentuk pelaksanaan pembinaan kearsipan tahun 2017 LKD telah melaksanakan pembinaan kearsipan kepada pengelola arsip di 18 Desa di Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan pembinaan kearsipan desa meliputi, Bimbingan Teknis, Pendampingan dan lomba bagi para pengelola arsip desa. Untuk memantau 18 desa yang telah dilakukan pembinaan maka selanjutnya ada kegiatan monitoring dan evaluasi bagi 18 desa untuk mengetahui sejauh mana peningkatan dalam pengelolaan arsip. Berdasarkan rekomendasi terdahulu kita akan mengetahui apakah desa tersebut menindaklanjuti dan diharapkan dengan pembinaan yang dilakukan sudah ada peningkatan,  kegiatan monitoring dan Evaluasi dilaksanakan pada tanggal 12 – 22 Maret 2018. Jadi dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi ini  bisa mengetahui perkembangan dalam pengelolaan arsip desa. Kedepanya terus dilakukan upaya agar pengelolaan kearsipan di desa bisa berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan dan target untuk menuju pengelolaan arsip secara baku akan terpenuhi.

Harapannya, dengan melaksanakan kegiatan monev akan menambah semangat bagi para pengelola arsip untuk terus meningkatkan dalam pengelolaan arsip di desa.