Sejarah DPK Kabupaten Gunungkidul

Home >> Sejarah

SEJARAH DPK KABUPATEN GUNUNGKIDUL

SEJARAH PERPUSTAKAAN

Perpustakaan masyarakat adalah perpustakaan milik Dinas Pendidikan Masyarakat Kabupaten Gunungkidul yang merupakan salah satu kegiatan pendidikan luar sekolah dan disediakan untuk masyarakat umum di Kabupaten Daerah Tingkat II Gunungkidul yang juga merupakan embrio berdirinya Perpustakaan Umum Daerah Tingkat II Gunungkidul.

Pada tahun 1986 dibentuk Perpustakaan Umum Daerah Tingkat II Gunungkidul berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 18/188.45/6/1988 tertanggal 22 Januari 1988, tentang Pembentukan Perpustakaan Daerah Tingkat II Gunungkidul. Sesuai dengan Surat Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta tertanggal 14 Juli 1986 Nomor: 661.1/1380 perihal Dinas Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan/Dinas Pendidikan Masyarakat Kabupaten Dati II Gunungkidul, keberadaan Perpustakaan Umum Daerah Tingkat II Gunungkidul menjadi bagian tugas dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Wilayah Daerah Tingkat II Gunungkidul (Bagian Sosial Sekretariat Wilayah Daerah Tingkat II Gunungkidul) dan berada di bawah Sub Bagian Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan.

Pada tahun 2000 terjadi perubahan kelembagaan yang disebabkan oleh otonomi daerah. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor: 23 Tahun 2000 maka dibentuklah dinas-dinas daerah. UPTD Perpustakaan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor: 6 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 23 Tahun 2000 tentang pembentukan dinas-dinas daerah dengan dihapuskannya bagian Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Pada tahun 2006 terbentuklah Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 12 Tahun 2006 dan Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 39/KPTS/2007 tentang Uraian Tugas Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Pada Tahun 2017 berdasarkan Peraturan Bupati Gunungkidul nomor 59 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai unsur pelaksana pemerintah daerah di bidang perpustakaan dan kearsipan maka Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul berubah menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul.

SEJARAH KEARSIPAN

Secara defacto Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Gunungkidul ada semenjak Otonomi Daerah secara nyata dilaksanakan di Kabupaten Gunungkidul pada Tahun 2001. Meskipun tidak menyebutkan secara jelas mengenai lembaga kearsipan dalam nomenklaturnya, tetapi dalam rincian tugas dan fungsi secara eksplisit tercantum di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul yang dibentuk berdasarkan Perda Kabupaten Gunungkidul Nomor No. 22 tahun 2000 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan.

Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Gunungkidul secara mandiri pertama kali dibentuk setelah terbitnya Perda Kabupaten Gunungkidul Nomor 12 Tahun 2006 tentang pembentukan, susunan organisasi, kedudukan dan tugas lembaga teknis daerah dengan nama Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul, tugas dan fungsi bidang kearsipan diampu oleh Seksi Kearsipan.

Meskipun pada tahun 2008 terbit Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Kedudukan dan Tugas Lembaga Teknis Daerah, akan tetapi tidak ada perubahan apapun terhadap Lembaga Kearsipan Daerah dan masih tetap bernama Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah. Tugas dan fungsi Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 202 Tahun 2008 Tentang Uraian Tugas Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, dan Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 84 Tahun 2011 tentang Perubahan Bupati Gunungkidul Nomor 202 Tahun 2008 Tentang Uraian Tugas Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Seiring dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah maka berdasarkan Perda Nomor 07 tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Kabupaten Gunungkidul telah terjadi perubahan kelembagaan dan menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul. Dengan perubahan ini maka sesuai dengan Perbup Nomor 59 tahun 2016 tentang kedudukan susunan organisasi tugas, fungsi dan tata kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan