Musyawarah Daerah menetapkan Jaka Suryanto sebagai Ketua GPMB Kabupaten Gunungkidul periode 2020-2024

Rabu, 04 Maret 2020

bayusn

Berita

Dibaca: 1083 kali

Pimpinan sidang terpilih yang terdiri dari Adriana, S.Sos.MAP sebagai Ketua sidang, Rustin Fariqoh, MPd. sebagai sekretaris dan Budi Wahyuni, SIP. sebagai anggota memimpin sidang Musyawarah Daerah GPMB Kabupaten Gunungkidul hari itu, Kamis 27 Februari 2020 di Aula BDG Wonosari. Ketua sidang mengajak para peserta sidang berdoa bersama serta memberikan salam hormat dan terimakasih atas kehadiran para peserta sidang hari itu.
Hadir dalam kegiatan Musda tersebut Kasi Pengembangan Dinas Perpustakaan dan Arsip DIY, Dewi Ambar S.Sos.MAP, Ketua GPMB DIY Bambang Nursinggih, Sekretaris dan pejabat struktural bidang perpustakaan DPK Kabupaten Gunungkidul, Pembina GPMB Kabupaten Gunungkidul, Bapak Heru Purwanto, Camat se-Kabupaten Gunungkidul, Ketua dan pengurus GPMB Kabupaten, Ketua GPMB Kecamatan, Ketua organisasi bidang perpustakaan dan komunitas literasi di Kabupaten Gunungkidul.
Selanjutnya Adriana menyampaikan agenda Musyawarah Daerah hari ini yaitu
Penyampaian laporan pertanggungjawaban Ketua GPMB Kabupaten Gunungkidul periode 2014-2019.
Pemilihan Ketua GPMB Kabupaten Periode 2020-2024.
Pembentukan formatur kepengurusan GPMB Kabupaten periode 2020-2024
Sekaligus mengingatkan peran peserta yang hadir pada hari itu yaitu:
Camat se-Kabupaten Gunungkidul sebagai peninjau
Pengurus GPMB Kabupaten sejumlah 20 peserta sebagai peserta Musda
Pengurus GPMB Kecamatan sejumlah 18 kecamatan sebagai peserta Musda
Organisasi bidang perpustakaan terdiri dari Atpusi, IPI, Komunitas sebagai peninjau
Organisasi Literasi terdiri dari Gunungkidul Youth Movement (GYM), Perpustakaan Jalanan (Perpusjal) dan Belajar Bareng Rame-rame (Bebakar) sebagai peninjau.
Agenda pertama sidang adalah penyampaian pertanggungjawaban ketua GPMB Kabupaten Jaka Suryanto, MPd. menyampaikan tentang berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam periode kepengurusan GPMB tahun 2014-2019. Sinergitas organisasi yang telah dilaksanakan selama ini dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, organisasi bidang perpustakaan dan komunitas literasi di Kabupaten Gunungkidul sehingga GPMB dapat senantiasa melaksanakan visi dan misi organisasi yaitu gerakan pemasyarakatan minat baca di Kabupaten Gunungkidul. Terkait dengan berbagai kendala baik waktu, personil dan anggaran semua dapat terlalui berkat kerjasama dengan berbagai pihak terutama para pengurus yang solid dan bersemangat dalam mewujudkan tujuan organisasi. Selanjutnya ketua GPMB Kabupaten periode 2014-2019 mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul yang telah memberikan dukungan pada beberapa event kegiatan GPMB juga memberikan perhatian pada kegiatan literasi sehingga sangat membantu dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Gunungkidul, kepada Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul yang senantiasa memberikan saran, nasehat dan pengarahan dalam setiap kegiatan literasi di Kabupaten Gunungkidul, kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul beserta jajarannya yang banyak memberikan dukungan baik berupa penyediaan anggaran maupun fasilitasi kegiatan, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul yang banyak memberikan dukungan dan hadir dalam kegiatan hari ini sekaligus telah berkenan membuka kegiatan sarasehan dan Musda GPMB tahun 2020, teman dan sahabat seperjuangan dari organisasi profesi maupun organisasi literasi IPI, ATPUSI, Komunitas baca dan literasi yang telah yang telah banyak memberikan dukungan kegiatan dan hadir dalam kegiatan hari ini, juga untuk teman dan sahabat pengurus GPMB Kabupaten Gunungkidul yang telah bersama-sama mempersiapkan kegiatan GPMB sehingga kegiatan Musda ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Semoga Allah Tuhan Yang Maha Kuasa membalas amal kebaikan kita semua.
Setelah penyampaian laporan pertanggungjawaban tersebut, pimpinan sidang Adriana menyampaikan kepada forum apakah ada masukan atau tanggapan terkait laporan pertanggungjawaban tersebut? Dan karena peserta sepakat untuk menerima maka pimpinan sidang menetapkan laporan tersebut dapat diterima dengan ketukan 3 kali di meja pimpinan sidang Musda tersebut.
Agenda kedua Musda GPMB yaitu pemilihan Ketua GPMB Kabupaten periode 2020-2024. Pimpinan sidang memberikan pengantar opsi mekanisme pemilihan sebisa mungkin dengan kemufakatan, voting apabila tidak ada kemufakatan. Dan para peserta sepakat untuk melaksanakan proses pemilihan Ketua secara mufakat. Peserta Musda telah diinventarisir sesuai jumlah kehadiran peserta sebagai berikut: pengurus Kabupaten sejumlah 15, pengurus Kecamatan 11 sebagai peninjau dari Bagian Administrasi Kesra Setda Kabupaten Gunungkidul, ATPUSI, IPI, Paguyuban Perpusdes dan Forum TBM sejumlah 7. Dan dengan diwakili oleh 4 peserta Musda yaitu dari Kecamatan Panggang, Karangmojo, Tepus dan Rongkop semuanya mengusulkan sebagai ketua GPMB selanjutnya adalah Jaka Suryanto. Dengan demikian pimpinan sidang menetapkan Ketua terpilih adalah Jaka Suryanto dengan ketukan 3 kali meja pimpinan sidang.
Agenda ketiga Musyawarah daerah yaitu pembentukan formatur GPMB Kabupaten Gunungkidul periode 2020-2024 telah ditunjuk Adriana, Rustin Fariqoh, Siti Indarwati, Jaka Suryanto dan Sri Dukini yang akan menyusun kepengurusan GPMB periode selanjutnya. Dengan iringan ketukan meja sidang dan ucapan syukur kehadirat Allah swt, terimakasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada semua peserta sidang maka acara Musyawarah daerah GPMB dinyatakan selesai.
Rangkaian acara hari itu ditutup dengan doa bersama dipimpin Sakino, SH.MAP dan bersama-sama menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Pembawa acara Siti Indarwati tak lupa mengucapkan terimakasih atas kehadiran peserta tamu undangan dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan Musda dan sarasehan GPMB hari itu.(ADR)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua download

Download

Statistik

172345

Pengunjung Hari ini : 305
Total pengunjung : 172345
Hits hari ini : 2217
Total Hits : 1171730
Pengunjung Online : 4

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID

E-DHAKSINARGA

https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/toto-slot/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot-thailand/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot88/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sgacor/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sthai/ https://jerman.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/stoto/