SOSIALISASI AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MADRASAH TAHUN 2024

Jumat, 26 Januari 2024

admin

Berita

Dibaca: 227 kali

Langkah awal dalam rangka persiapan kegiatan akreditasi perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan Sekolah dan Madrasah pada hari Selasa, 23 Januari 2024 di Ruang Rapat Utama Dispussip Lantai 3. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan (Korwil Biddik) delapan belas kapanewon se-Kabupaten Gunungkidul. Selain itu, hadir pula Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Gunungkidul, Pengawas, serta Kepala Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kisworo, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa salah satu unsur dari Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) adalah perpustakaan yang berstandar nasional. Akreditasi perpustakaan merupakan salah satu upaya mewujudkan perpustakaan yang layak dan berstandar secara nasional sehingga dapat meningkatkan minat baca siswa di sekolah/madrasah. Dengan semakin banyaknya perpustakaan sekolah/madrasah yang terakreditasi, maka diharapkan IPLM di Kabupaten Gunungkidul semakin meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI, IPLM di Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2023 sebesar 73,39, naik sebesar 18,39 dari tahun 2022, yaitu 55,02.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Drs. Supriyanto, M.Si. menyampaikan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul mengapreasiasi kegiatan akreditasi perpustakaan sekolah dan madrasah. Sebanyak delapan puluh empat madrasah di Kabupaten Gunungkidul siap mengikuti akreditasi perpustakaan. Demikian pula sekolah-sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul juga siap mengikuti akreditasi.

Pada sosialisasi ini disampaikan materi pengantar tentang tujuan dan pentingnya akreditasi perpustakaan oleh Agung Wibawa, Pustakawan Ahli Madya. Selain itu, instrumen akreditasi yang terdiri dari 9 komponen juga disampaikan oleh Heryanti, Pustakawan Ahli Madya kepada seluruh peserta. Setelah kegiatan sosialisasi ini, akan dilakukan penjaringan/seleksi calon peserta akreditasi perpustakaan sekolah/madrasah, baik SD/MI maupun SMP/MTs. Setiap kapanewon diharapkan mengirimkan satu perpustakaan sekolah dasar dan satu perpustakaan sekolah menengah pertama untuk mengikuti seleksi peserta akreditasi perpustakaan. Sedangkan semua madrasah di bawah naungan Kantor Kemenag Kabupaten Gunungkidul yang belum pernah mengikuti akreditasi akan mengikuti seleksi akreditasi ini, yaitu sebanyak tujuh puluh dua Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan dua puluh dua Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Calon peserta akreditasi perpustakaan diharapkan melakukan pendaftaran dengan mengisi instrumen akreditasi pada tanggal 29 Januari 2024 sampai dengan 7 Februari 2024. Tim Pustakawan Dispussip akan melakukan verifikasi berkas akreditasi pada tanggal 9 sampai dengan 28 Februari 2024 dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 29 Februari 2024. Dari semua calon peserta akreditasi yang mendaftar akan dipilih delapan sekolah dan madrasah yang memenuhi syarat untuk mengikuti akreditasi perpustakaan pada tahun ini. Setelah terpilih, Pustakawan akan melaksanakan pendampingan ke sekolah/madarsah dalam rangka persiapan akreditasi.

Kegiatan sosialisasi akreditasi ini dilaksanakan pada awal tahun dengan tujuan agar bisa lebih awal mempersiapkan peserta dalam menghadapi akreditasi sehingga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul dapat melaksanakan pendampingan secara intensif. (Pur)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua download

Download

Statistik

172951

Pengunjung Hari ini : 240
Total pengunjung : 172951
Hits hari ini : 1638
Total Hits : 1177427
Pengunjung Online : 4

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID

E-DHAKSINARGA

https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/toto-slot/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot-thailand/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot88/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sgacor/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sthai/ https://jerman.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/stoto/