RAPAT KOORDINASI PENJURIAN LOMBA KRENOVAMASKAT 2020

Senin, 25 Mei 2020

admin

Berita

Dibaca: 1124 kali

Rapat Koordinasi daring melalui zoom membahas Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenovamaskat) dilaksanakan pada Rabu, 20 Mei 2020, pukul 13.00 WIB di Ruang Litbangdal Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Kabupaten Gunungkidul dan dihadiri oleh para juri lomba, diantaranya dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSSIP) yang diwakili oleh Agung Wibawa (Pustakawan Madya), Balai Dikmen, DP3AKBPM&D, Diskominfo, Bagian Organisasi Setda, LIPI, Universitas Gunungkidul (UGK) dan Litbangdal BAPPEDA sebagai penyelenggara kegiatan. Kabid Litbangdal, Rismiyadi, SP. M.Si sekaligus Ketua Tim Lomba Krenovamaskat menyampaikan bahwa kegiatan lomba mengalami perubahan jadwal pelaksanaan akibat dari pandemi Covid-19. Penjurian yang direncanakan pada bulan Mei diundur menjadi Juni 2020. Hal ini sebagai dampak dari rasionalisasi anggaran yang digunakan untuk menangani wabah virus covid-19. Setelah beberapa kali melakukan rasionalisasi anggaran kegiatan, lomba krenovamaskat dapat dilanjutkan kembali.

Seperti diketahui Krenovamaskat adalah kreativitas dan inovasi masyarakat yang berupa kegiatan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi masyarakat Kabupaten Gunungkidul dalam bentuk karya penelitian, pengembangan, dan atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis dalam konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti ilmu teknik, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial termasuk pemanfaatan teknologi tepat guna. Tujuan lomba tersebut untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan. Pemberdayaan masyarakat perlu ditingkatkan melalui peningkatan kompetensi sumberdaya sehingga mempunyai posisi tawar yang tinggi sebagaimana misi pembangunan Kabupaten Gunungkidul yaitu mewujudkan peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang mempunyai daya saing, penguasaan, pemanfatan, dan penciptaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mempunyai kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Lomba Krenovamaskat tahun 2020 terbagi dalam 4 kategori yaitu Masyarakat Umum, Siswa SMP dan SMA, SMK atau sederajat kategori Food/Olahan makanan, Siswa SMP dan SMA, SMK sederajat  kategori Sains Teknologi, dan kategori untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Yang menarik, pada tahun ini ada 2 kategori baru yaitu SMP dan ASN. Pendaftaran masih dibuka sampai dengan 2 Juni 2020 pukul 12.00 WIB. Khusus ASN sesuai Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 071/0661 tentang Lomba Inovasi bagi ASN  dalam Lomba Krenovamaskat dan Surat dari Kepala BAPPEDDA Kabupaten Gunungkidul Nomor 071.1/00299 tentang Pengumuman Perpanjangan Pendafaran Peserta yang diperpanjang sampai dengan 2 Juni 2020. Oleh karena itu diharapkan semua OPD di Gunungkidul untuk mengirimkan wakilnya mengikuti lomba tersebut. Selain itu masyarakat Gunungkidul dan siswa SMP, SMA, SMK dan sederajat diharapkan untuk dapat lebih banyak berpartisipasi dalam menunjukkan karya-karyanya yang kreatif dan memiliki nilai inovasi.

Lebih lanjut Rismiyadi menyampaikan rencana jadwal penilaian peserta yang akan dimulai pada tanggal 4 Juni 2020 sampai selesai. Semua peserta lomba nantinya secara bertahap akan diundang ke BAPPEDA untuk dilakukan penilaian. Peserta wajib menyampaikan paparan, membawa prototipe, dan wawancara dengan tim penilai. Penilaian mengacu pada  8 poin bobot penilaian yang telah tercantum dalam buku panduan yang meliputi mempunyai nilai manfaat, keaslian inovasi, memanfaatkan sumber daya lokal, memiliki prospek implementatif, teknologi ramah lingkungan, prototipe/wujud nyata, potensi paten, dan sistematika penulisan. Diharapkan dengan penilaian tersebut akan menghasilkan pemenang yang berbobot untuk memajukan Gunungkidul. (AGU)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua download

Download

Statistik

172303

Pengunjung Hari ini : 263
Total pengunjung : 172303
Hits hari ini : 1423
Total Hits : 1170936
Pengunjung Online : 4

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID

E-DHAKSINARGA

https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/toto-slot/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot-thailand/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot88/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sgacor/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sthai/ https://jerman.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/stoto/