PELATIHAN SPP DAN TIK REPLIKASI PROGRAM TPBIS TAHUN 2024

Jumat, 01 Maret 2024

admin

Berita

Dibaca: 91 kali

Pelatihan SPP DAN TIK atau Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi hari pertama dilaksanakan pada hari Selasa 20 Februari 2024. Pelatian ini ditujukan untuk 3 perpustakaan kalurahan/desa yaitu Wareng (kapanewon Wonosari), Bleberan (Kapanewon Playen), dan Jetis (Kapanewon Saptosari) dalam Replikasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan dibuka oleh Kabid Perpustakaan, Arif Yahya, S.STP, MAP didampingi Subkord Layanan, Chrisfanti Yuliana, S.IP dan Trainer TPBIS, Agung Wibawa, SIP. Peserta terdiri dari lurah, kaur danarta (keuangan), PKK, karangtaruna, dan pengelola perpustakaan dari masing-masing kalurahan.

Materi hari pertama meliputi pembukaan, penjelasan tujuan pelatihan, pre test, perkenalan dan menyepakati ground rules yang disampaikan ole Agung,  Materi berikutnya Membangun literasi masyarakat melalui TPBIS yang dibawakan oleh Heryanti dan dilanjutkan Budi Wayuni yang menyampaikan tentang Literasi digital untuk masyarakat.  Pada sesi terakhir, Purwati menyampaikan tentang strategi pertama dalam kegiatan TPBIS yaitu peningkatan layanan informasi.

Pada hari kedua, Pelatihan SPP dan TIK dihadiri oleh Ketua maupun Anggota Komisi di DPRD beserta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Balikpapan, Kalimantan Tengah untuk melihat proses TPBIS dan mencari informasi tentang penyusunan naskah akademik tentang PERDA PERPUSTAKAAN di Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan pelatihan air kedua ini disampaikan mengenai pelibatan masyarakat di perpustakaan sebagai startegi kedua dalam kegiatan TPBIS oleh Agung dan dilanjutkan materi tentang Literasi data untuk pengembangan perpustakaan yang disampaikan oleh Yuni, Strategi ketiga yaitu advokasi untuk membangun dukungan diberikan oleh Agung sedangkan terkait Konsultasi SIM (Sistem Informasi Manajemen) disampaikan oleh Purwati.  Pada pelatian ini, peserta diminta untuk membuat rencana kerja yang harus diimplementasikan selama 3 bulan kedepan terkait dengan peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, lobi, kemitraan, dan promosi.

Pada hari terakhir, dilaksanakan penutupan Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan dan TIK oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul, Kisworo, S.Pd., M.Pd. didampingi fasilitator Agung Wibawa, SIP., Budi Wahyuni, S.IP, Purwati, S.Pd. dan THL Perpustakaan. Sebelumnya, peserta mendapatkan materi tentang Etos Kerja Pengelola Perpustakaan yang disampaikan Yuni, Layanan Prima di Perpustakaan ole Purwati, serta Menyusun Rencana Kerja, Wrap Up dan Feed Back Evaluasi oleh Agung. Pada akhir pelatihan dipilih peserta dan kelompok kalurahan yang mendapatkan doorprize dengan berbagai kategori, sala satunya apresiasi kepada lurah yang mempunyai komitmen tinggi, aktif mengikuti kegiatan selama 3 hari, yaitu Lurah Wareng dan Lurah Bleberan. (AGU)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua download

Download

Statistik

173188

Pengunjung Hari ini : 217
Total pengunjung : 173188
Hits hari ini : 1116
Total Hits : 1178636
Pengunjung Online : 6

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID

E-DHAKSINARGA

https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/toto-slot/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot-thailand/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot88/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sgacor/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sthai/ https://jerman.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/stoto/