Rapat Persiapan Akreditasi Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul
Bertempat di Ruang Rapat DPK Kabupaten Gunungkidul pada hari Kamis, 3 Oktober 2019, dilaksanakan Rapat Persiapan Akreditasi Perpustakaan DPK Kabupaten Gunungkidul. Rapat dipimpin oleh Ketua Tim Akreditasi yaitu Sekretaris DPK Kabupaten Gunungkidul, Sulistiyono didampingi Sekretaris Tim Akreditasi, yang juga Kabid Perpustakaan, Didit Widiatmaka.
Pertemuan dibuka oleh Sekretaris Tim Akreditasi dan dilanjutkan pengarahan dari Ketua Tim. Tim Akreditasi diminta untuk tetap menjaga konsistensi dalam melakukan persiapan akreditasi perpustakaan dan melaporkan perkembangan dari proses yang sudah dilaksanakan dari rapat terdahulu, sekaligus permasalahan yang bisa diskusikan bersama-sama untuk bisa saling melengkapi.
Selanjutnya sekretaris Tim Akreditasi memandu jalannya diskusi dari masing-masing komponen yaitu:
- Urusan Koleksi Prihastuti Setyaningsih menyampaikan bahwa 40% bukti fisik sudah terkumpul, yang masih kurang yaitu BA penyiangan dan pendataan.
- Urusan Sarana dan Prasarana Agung Wibawa menyampaikan tentang masih kurangnya sarana berupa petunjuk arah dan (dokumen) denah, baliho besar yang juga sekaligus sebagai sarana promosi untuk berkunjung ke perpustakaan, ruang laktasi, beberapa sarpras yang belum teridentiikasi dan kamera dengan kondisi rusak, serta dari tim komponen sarpras membutuhkan pengertian dan konsultasi mengenai Kartu Inventaris Ruangan (KIR), Kartu Induk Barang (KIB) yang beda istilah. Purwati, anggota Tim pada komponen sarana prasarana juga menambahkan informasi bahwa untuk bukti fisik foto-foto suasana ruangan menyusul.
- Koordinator Urusan Pelayanan Perpustakaan, Chrisfanti Yuliana menyampaikan setelah pertemuan koordinasi terdahulu dari komponen Urusan Pelayanan Perpustakaan masih ada kesulitan pada Poin 15 dan 16 tentang kegiatan promosi, tetapi atas bantuan pustakawan dan tim yang ada ada dalam komponen Urusan Pelayanan Perpustakaan dapat mengumpulkan bukti kegiatan promosi tahun 2018 dan 2019, namun untuk bukti fisik tahun 2017 belum optimal.
- Koordinator Urusan Penyelenggaraan dan Pengelolaan, Adriana menyampaikan bahwa poin dari komponen penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan masih sama dengan yang kemarin, hanya bukti fisik yang harus diilengkapi yaitu Dokumen IKM, SK Forkom Perpustakaan dan Kearsipan sehingga dapat menambah poin di kelompok SK Profesi. Yang sudah tidak bisa naik adalah tentang Anggaran sesuai dengan alokasi anggaran yang ada di APBD selama ini.
- Koordinator Urusan Tenaga Perpustakaan dan Komponen Penguat menyampaikan pada rapat koordinasi terdahulu sudah pada poin maksimal sehingga tidak ada yang perlu disampaikan.
Hasil penilaian borang per komponen sebagai berikut:
No. |
Komponen |
Jumlah Indikator Kunci |
Bobot |
Max Skor |
Capaian Skor |
Capaian Bobot |
Sesuai |
1. |
Koleksi |
28 |
20 |
140 |
122 |
17,857% |
|
2. |
Sarpras |
41 |
15 |
205 |
145 |
13,117% |
|
3. |
Pelayanan Perpustakaan |
19 |
25 |
95 |
76 |
20 |
|
4. |
Tenaga Perpustakaan/SDM |
11 |
20 |
55 |
54 |
19,64% |
|
5. |
Penyelengaraan dan Pengelolaan Perpustakaan |
22 |
15 |
110 |
94 |
12,82% |
|
6. |
Komponen Penguatan Kinerja |
6 |
5 |
30 |
30 |
5% |
|
|
Total Capaian |
127 |
100 |
|
556 |
88,487% |
|
Dari perolehan point tersebut maka untuk meraih “B” perhitungannya adalah 76-90. Sehingga point 88,48% tersebut akreditasi mendapatkan nilai B. (ADR)
Berita Terkait
- MONITORING DAN EVALUASI PERPUSTAKAAN NUSANTARA, DESA KELOR, KAPANEWON KARANGMOJO
- VISITASI PRA AKREDITASI DI PERPUSTAKAAN MUTIARA ILMU SMPN 1 TEPUS
- DISPUSSIP GUNUNGKIDUL MENJADI PESERTA PERTEMUAN STAKEHOLDER NASIONAL 2021
- SOSIALISASI EPUSDAGUNUNGKIDUL DI SMPN 1 PALIYAN
- SOSIALISASI PEMBELAJARAN PERPUSTAKAAN DIGITAL EPUSDAGUNUNGKIDUL DI SMPN 2 PALIYAN