Rapat Koordinasi Program Kewilayahan dan DAK Tahun 2021

Minggu, 12 April 2020

bayusn

Berita

Dibaca: 1149 kali

Pada hari minggu-minggu akhir di bulan Maret yang lalu telah diadakan rapat koordinasi Forum Sektoral Kewilayahan Kabupaten Gunungkidul bersama Bappeda DIY dengan difasiitasi Bappeda Kabupaten Gunungkidul. Bappeda DIY juga menghadirkan OPD penampu kegiatan dana keistimewaan yaitu Paniradya Keistimewaan. Dari Gunungkidul dihadiri dari OPD yang mengampu kegiatan di bidang Pemerintahan, sosial dan budaya. Dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunungkidul dihadiri Kamidah SIP. Kasubbag Perencanaan Sekretariat DPK Kabupaten Gunungkidul, Adriana, S.Sos. MAP Kepala seksi Pembinaan dan Pengambangan Bidang Perpustakaan yang mempunyai kegiatan tematik di bidang kewilayahan Pemerintahan, sosial dan budaya.
Rapat dilaksanakan dengan teleconference dengan dipimpin langsung Kepala Bidang Ibu Dra. Endang Patmintarsih, SH.MSi Ketua tim dari Bappeda DIY bersama tim Bappeda DIY secara teleconference dalam berkomunikasi dan berkoordinasi dengan OPD di Lingkungan Kabupaten Gunungkidul terkait dengan usulan program kewilayahan dan DAK Fisik tahun 2021.
Peserta rapat lainnya yaitu dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Sosial, Dinas Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKB PM dan D) yang dihadiri dari Bidang KB, Perlindungan Perempuan Anak dan Pemberdayaan Perempuan.
Membuka kegiatan tersebut Kepala Bidang Pemerintaan Sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Gunungkidul, Asih Tri Wahyuni S.ST. , MSi dengan ucapan terimakasih pada peserta rapat dan tim dari Bappeda DIY. Asih menyampaikan maksud dan tujuan pertemuan hari ini adalah menyepakati program kegiatan tematik, prioritas kegiatan dan isu strategis kewilayahan DAK Tahun 2021. Diharapkan kita semua dapat saling bersinergi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul dengan Pemerintah Prop DIY.
Ibu Dra. Endang Patmintarsih, SH.MSi Ketua tim dari Bappeda DIY menyampaikan bahwa agar kita semua dapat berkonsentrasi membahas kegiatan tahun 2021 ini. Gunungkidul kita ajak komunikasi dalam forum kewilayah untuk pembicaaraan masalah Danais, tematik kewilayahan, tematik prioritas yang ada DIY dan di Kabupaten Gk. Konsep kegiatan yang belum sempurna mari kita sempurnakan. Hari ini langsung pada kegiatan prioritas baru ke tematik terutama terkait anggaran dan penyesuaian data usulan program.
Pembahasan pertama pada kegiatan dan anggaran yang ada di OPD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) agar usulan peningkatan kompetensi pendidik agar ada pemetaan antara anggaran dan peserta dari pusat dengan daerah. Juga kegiatan pembinaan tenaga kependidikan diminta pemetaan sharing dana dari pusat. Penyelenggaraan kegiatan keaksaraan dan pendidikan non formal agar cross cek dengan data KIP.
Pembahasan pada kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul (DPK), Tim Bappeda DIY menyampaikan untuk kegiatan yang diusulkan DPK menindaklanjuti pertemuan terdahulu telah disampaikan data untuk melengkapi lokus Bedah buku di 5 (desa) untuk mendukung pengentasan kemiskinan, program replikasi perpustakaan desa transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan sasaran program pemasyarakatan minat baca.
Adriana dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan bahwa dengan replikasi perpustakaan desa dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial terkait dengan pengembangan Informatika dan Tekhnologi (IT) untuk itu apakah program tersebut bisa memberikan support perangkat IT bagi perpusdes replikasi di tahun 2021. Bappeda DIY menyampaikan tanggapan tentang program replikasi tersebut bahwa di Bappeda DIY tidak dapat digunakan untuk anggaran hibah. Usulan bisa disampaikan lewat usulan DAK tahun 2021.
Pembahasan selanjutnya pada OPD Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A KB PM dan D), Dinas Kesehatan dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul. Masing-masing OPD menyampaikan beberapa prioritas kegiatan yang menjadi target kegiatan di tahun 20211.
Rapat pembahasan selanjutnya terkait dengan usulan DAK tahun 2021, dari DPK Kabupaten Gunungkidul diberikan catatan-catatan agar usulan disampaikan berupa paket, untuk itu mohon dibenahi dan diusulkan kembali lewat Bappeda Kabupaten Gunungkidul.
Rapat berlangsung dengan lancar dan berakhir sampai dengan pukul 14.15. Tim dari Bappeda DIY sangat mengapresiasi konsep yang telah disusun oleh semua OPD di Kabupaten Gunungkidul. Dan sebelum pertemuan diakhiri Kabid Pemerintahan, Sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Gunungkidul menyampaikan terimakasih kepada Tim dari DIY yang telah berkenan memberikan arahan pada koordinasi kali ini dan apabila terdapat kekurangan dalam menanggapi, tim Bappeda Kabupaten Gunungkidul menyampaikan ucapan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Dan kepada OPD Kabupaten Gunungkidul untuk membenahi usulan sesuai dengan kesepakatan bersama dalam forum rapat tersebut.(KAM)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian




semua download

Download

Statistik

172287

Pengunjung Hari ini : 247
Total pengunjung : 172287
Hits hari ini : 1356
Total Hits : 1170869
Pengunjung Online : 3

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DPK?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat

Aplikasi PPID

E-DHAKSINARGA

https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/toto-slot/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot-thailand/ https://biologi.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/slot88/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sgacor/ https://matematika.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/sthai/ https://jerman.fkip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/stoto/